Sukses

Penyebab Pusar Bodong

20 Jul 2017, 20:02 WIB
Pria, 42 tahun.

Dokter. Anak saya pusar/udel nya bodong, umur 12 tahun. Apakah harus di operasi. Dan untuk biaya kisaran berapa dok. Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pusar yang tidak masuk kedalam bisa saja merupakan bentuk variasi normal yang tidak mendatangkan bahaya. Namun anda perlu berhati-hati, karena terdapat keadaan yang merupakan suatu gangguan yang menjukkan gejala pusar yang menonjol.

Oleh karena itu kami menganjurkan Anda, Perhatikanlah sejak kapan keluhan tersebut disadari? Apakah bagian yang menonjol terlihat seperti daging yang menyembul keluar atau lapisan kulit yang menonjol? apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap? Apakah benjolan membesar terutama saat anak menangis atau mengedan?

Beberapa kemungkinan gangguan yang menunjukkan gejala pusar menonjol, adalah:

Hernia umbilikalis. Hernia terjadi akibat peningkatan tekanan di dalam rongga perut, atau kelemahan otot dinding perut. Untuk selebihnya Anda dapat mebaca artikel kami: Hernia
Umbilical granuloma. Umbilical granuloma adalah jaringan pusar yang berwarna kemerahan. Umbilical granuloma terbentuk apabila tidak terjadi penyembuhan sempurna setelah pemisahan pusar (tali umbilikus). Dalam kondisi normal, setelah pusar copot, umbilikal akan mengalami penyembuhan atau tertutupi oleh lapisan sel kulit. Dalam kasus umbilical granuloma, hal ini tidak terjadi sehingga terbentuknya selaput parut yang tidak tertutupi sel kulit, tidak mengandung saraf dan kapiler (pembuluh darah kecil), dan tidak memiliki sensasi rasa. Umbilical granuloma berbeda dengan hernia.

Persistent yolk stalk (persisten duktus omphalomesenterika, duktus umbilikal). Gangguan ini menyebabkan cairan dari saluran pencernaan dapat keluar melalui pusar atau umbilikus karena terdapat hubungan dari saluran tersebut. Untuk kasus ini tentunya operasi adalah terapi untuk menutupnya.
Tetapi apa yang kami sampaikan hanya sebuah dugaan dari informasi yang anda sampaikan. Oleh sebab itu, untuk lebih pastinya kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis bedah anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar