Sukses

Sakit Tenggorokan Berulang

20 Jul 2017, 18:52 WIB
Pria, 25 tahun.

dok saya sering sakit tangorokan.. baru sakitnya tu muncul tiba tiba kadang hilang kadang muncul .. sering muncul gitulah padahl udah sembuh tapi kalaw malam sering muncul saktinya dok itu gmna dok mohon solusinya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sudah berapa lamakah Anda mengalami ini? Sudah pernah berobat belum? Ada beberapa kemungkinan penyebab dari sakit tenggorokan.

Mungkin Anda mengalami tonsilitis kronis, atau yang sering disebut dengan amandel. Amandel atau dikenal dengan nama tonsil adalah jaringan limfoid yang berlokasi di beberapa tempat dalam rongga mulut dan rongga faring. Tonsil yang paling dikenal adalah tonsil palatina yang berlokasi di oro faring (kanan-kiri, belakang lidah), berbentuk almond, sepasang, dan mudah dilihat.

Fungsi dari tonsil adalah melawan infeksi di dalam tubuh,khususnya pada daerah mulut baik yang disebabkan oleh virus , jamur maupun bakteri dengan cara membantu tubuh memproduksi antibodi untuk membantu melawan infeksi. Saat terjadi infeksi, tonsil bekerja lebih keras untuk melawan infeksi tersebut sehingga terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis. Gejala umum tonsillitis adalah nyeri tenggorok dan demam. Pada tenggorok dan tonsil biasanya terlihat merah dan membengkak. Pada tonsil dapat terlihat nanah yang menutupi secara penuh ataupun bercak-bercak.

Kami sarankan agar Anda mengkonsultasikan kondisi Anda ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan evaluasi lebih lanjut apabila penyakit ini datang serta agar mendapat penanganan yang tepat.



Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar