Sukses

Gejala Autisme Anak

20 Jul 2017, 17:30 WIB
Pria, 3 tahun.

Selamat pagi dok jadi saya punya adik dia umur 3 tahun lebih, dia itu ngomong nyaaa lumayan sudah bisaa kalau disuruh juga bisa , diaa ngomong nya kadang tidak di mengerti karena suka nonton youtube seperti marsha and the bear itu bahasa nya tidak jelas, nah dia akhirnya mengikuti bahasa itu, kalau di panggil sih nengok tapi manggilnya 2 kali gitu, nah apakah adik saya ini autis dok?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar gejala autisme anak melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya keterlambatan bicara pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperi kurang stimulasi, gangguan pendengaran, autis, retardasi mental, gangguan pada pita suara, dll. Nah, untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya, sebaiknya anda membawa anak anda ke klinik khusus tumbuh kembang yang terdapat di rumah sakit.

Di klinik tumbuh kembang, dokter spesialis anak akan mendeteksi apa penyebab keterlambatan bicara pada anak anda dengan memeriksa semua sistem yang terkait dengan bicara, pendengaran, perilaku, dan aspek tumbuh kembang anak secara umum. Sampaikan kekhawatiran anda mengenai apakah ada kemungkinan anak anda mengalami autis. Dokter spesialis anak memiliki kuesuioner khusus untuk mendeteksi autisme yang dinilai dari aspek keterampilan sosial, bahasa, perilaku, dll. Jika memang gejala autis yang dialami spesifik (khas), maka autis langsung dapat dideteksi pada sekali pertemuan.

Namun demikian, jika gejala tidak spesifik atau skrining awal memberikan hasil yang meragukan, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan yang lebih mendalam untuk mengetahui apakah anak mengalami autis atau tidak. Sebaiknya jangan menunda untuk segera membawa anak anda ke klinik tumbuh kembang karena semakin cepat anda berupaya untuk mencari pertolongan maka semakin cepat pula pengambilan tindakan dapat dilakukan dan kemungkinan perbaikan akan lebih besar. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar gejala autisme anak, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar