Sukses

Efek Ganja Bertahan di Dalam Tubuh
20 Jul 2017, 16:26 WIB
Pria, 18 tahun.

Pak/buk dokter saya mau bertanya dulu saya sering memakai ganja tapi saya sudah lama gak memakai/mengkonsumsi ganja apakah ganja itu masik melekat ditubuh saya pak /buk dokter

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai efek ganja bertahan di dalam tubuh melalui fitur Tanya Dokter. 

Ganja termasuk dalam golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan.

Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah.

Reaksi yang diharapkan dari penggunaan ganja sebenarnya adalah perasaan tenang dan relaks, euforia, perubahan persepsi (warna menjadi lebih indah) perlambatan waktu serta peningkatan persepsi emosional dan pengalam-pengalaman. Namun pada sebagian orang yang terjadi adalah hal yang sebaliknya. Hal-hal ini termasuk depresi, paranoid, cemas atau serangan panik. Penggunaan ganja yang kronis juga dihubungkan dengan mengecilnya daerah otak (hippocampus dan amygdala) yang berhubungan dengan psikosis, depresi dan penurunan kognitif.

Ganja dapat bertahan lama dalam tubuh, penelitian menunjukkan bahwa setelah beberapa minggu bahkan lebih lama lagi setelah pemakaian ganja, ganja masih terdapat dalam tubuh. Hal ini berhubungan dengan sifatnya yang larut lemak dan dapat bertahan dalam lapisan lemak jaringan saraf.

Pada akhirnya ganja akan dapat hilang dari tubuh, namun berapa lama waktu yang dibutuhkan sangat tergantung dari jangka waktu pemakaian dan jumlah ganja yang dikonsumsi. Semakin banyak dan semakin lama mengonsumsi ganja maka semakin lama ganja akan menghilang dari tubuh. Semakin sedikit dan semakin sebentar mengonsumsi ganja maka semakin cepat ganja menghilang dari tubuh.

Sebagai contoh, pada penggunaan sekali-sekali dapat dibutuhkan beberapa hari untuk ganja menghilang dari tubuh. Sedangkan pada pengguna berat dapat dibutuhkan waktu sekitar beberapa minggu hingga 3 bulan dari pemakaian terakhir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai efek ganja bertahan di dalam tubuh. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar