Sukses

Jarak Aman Antar Kehamilan

20 Jul 2017, 12:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok jarak yang aman setelah kelahiran 1 (tapi anak meninggal)untuk yg k 2 berapa tahun ? Lahiran normal tp jahitan. Mksh

Terimakasih telah bertanya mengenai jarak aman antar kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jarak antara kehamilan yang baik adalah antara 9-24 bulan setelah persalinan terakhir, untuk memberikan waktu bagi organ-organ reproduksi dan keseluruhan tubuh Anda kembali menyesuaikan dan siap menerima kehamilan kembali. Kehamilan kembali dalam jarak 9 bulan pun harus dengan persetujuan dokter Anda terlebih dahulu, bahwa nutrisi Anda telah terpenuhi dan tubuh Anda telah siap menerima kehamilan kembali. Selain itu juga, jarak ini diperlukan untuk Anda dapat memberikan ASI bagi anak Anda sebelumnya sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan dapat berkembang dengan baik. Anda juga dapat memberikan perhatian pada anak Anda yang sebelumnya dalam masa perkembangan dan pertumbuhannya.

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa, jarak kehamilan dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko persalinan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah, keguguran, komplikasi dalam kehamilan, perutmbuhan janin terhambat, kelainan plasenta, perdarahan dalam persalinan, dsb. Belum lagi mengingat bahwa usia Anda sudah termasuk dalam usia dengan persalinan risiko tinggi. Hal ini berkaitan dengan kesiapan organ-organ reproduksi dan juga tubuh dalam menerima kehamilan kembali. Kami doakan agar keinginan Anda memiliki buah hati segera terwujud.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar