Sukses

Anemia dan Haid Tidak Teratur

20 Jul 2017, 12:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok apa kah klo anemia bisa menyebab kan menstruasi terganggu??

Terima kasih telah bertanya tentang anemia dan haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter. 

Di dunia medis, kami menyebut keadaan Hb kurang dari normal dengan nama anemia. Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah:

  • Rendahnya konsumsi besi
    Diet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn’sdapat mempengaruhi penyerapan zat besi.
  • Kekurangan vitamin
    Tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat.
  • Penyakit Kronis
    Beberapa penyakit kronis dan infeksi dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini dapat menurunkan kadar hemoglobin. Bila Anda kehilangan darah yang banyak juga dapat menyebabkan anemia.
  • Keadaan Aplastik Anemia
    Aplastik anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelainan sshingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya dapat berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.
  • Kehilangan darah
    Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.
  • Beberapa penyakit
    Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati anemia memang sebaiknya diketahui dulu penyebab dari anemia. Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi di rumah untuk menangani anemia seperti suplemen zat besi, dimana suplemen ini sangat baik bila dikonsumsi dengan jus jeruk dan makanan yang mengandung vitamin c.

Namun disarankan suplemen ini jangan sampai dikonsumsi dengan kalsium, kopi, atau teh karena dapat menghalangi absorbsi. Beberapa makanan yang mengandung besi adalah daging merah, hati, ikan, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buah. Makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, produk susu, bayam dan pisang.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda? Apakah masih berkisar antara 21-35 hari?
Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan fungsi indung telur (ovarium) yang umumnya karena gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormonal ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan hormon basal (dari darah) yang dilakukan pada hari ke 3-5 dari siklus haid untuk mengetahui kelainan hormonal yang Anda alami supaya dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Jika siklus haid tidak teratur (siklus anovulasi/tidak ada telur yang tumbuh) maka tentu tidak dapat terjadi kehamilan. Umumnya dengan memperbaiki fungsi indung telur, biasanya dengan obat-obatan untuk merangsang pertumbuhan telur, maka kemungkinan hamil cukup baik. Jika dengan pemberian obat-obatan tersebut sel telur dapat tumbuh tetapi belum terjadi kehamilan, maka bisa diulang selama 6 siklus haid. Jika tetap belum terjadi kehamilan maka perlu dilakukan evaluasi mengenai kemungkinan adanya masalah yang lain dari fungsi organ reproduksinya.
 Kami sarankan sebaiknya Anda mengonsultasikan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika memang terdapat ketidakseimbangan hormon, dokter memang akan memberikan terapi hormonal yang akan disesuaikan dengan jenis hormon yang mengalami gangguan, dalam hal ini dengan pemberian pil KB untuk memperbaiki keseimbangan hormon Anda.
Siklus haid yang tidak teratur memang mempengaruhi kesuburan, untuk itu saat ini perlu diperbaiki terlebih dahulu siklus menstruasi Anda berdasarkan penyebabnya.

Merujuk pada pertanyaan Anda, menstruasi merupakan salah satu alasan mengapa wanita sering alami anemia. Namun apakah anemia sebabkan menstruasi tidak teratur, tidak ada hubungan yang jelas di antaranya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai anemia dan menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar