Sukses

Nyeri Dada Kanan

20 Jul 2017, 14:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, dada saya sebelah kanan rasanya sakit atau nyeri seperti kram saat saya tarik nafas dalam2. Saya sudah melakukan peregangan tp gk ilang juga. Kata orang tua itu masuk angin, tp saya beri koyo juga tidak kunjung membaik. Tolong jawabannya dok

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri dada kanan melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri dada memiliki berbagai macam penyebab, karena banyaknya lapisan dada, mulai dari kulit, otot, selaput pembungkus paru, paru-paru, saluran pernafasan, jantung (di sebelah kiri), pembuluh darah, saraf, dll.

Berikut adalah kemungkinan penyebab nyeri dada:

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis

Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat atau spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik ulang, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang paling sederhana yang dapat diberikan oleh dokter adalah foto roentgen dan cek laboratorium darah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri dada kanan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar