Sukses

Badan Kurus Dan Sulit Gemuk

20 Jul 2017, 14:33 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya apakah jika badan kurus dan sulit untuk gemuk merupakan indikasi mengalami cacingan dan kalau ada indikasi cacingan bagaimana solusinya? Padahal saya sudah makan teratur dan juga ditambah dengan susu

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyakit Cacingan sering disebut infeksi cacing, dimana mahluk kecil ini akan menyerang tubuh seseorang dengan cara menempelkan diri (baik di luar maupun di dalam tubuh) dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Terkena penyakit cacingan dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Cacing dapat masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kotor atau dari tanah saat kita tidak menggunakan alas kaki. Cacingan sebenarnya jarang terjadi di manusia, dan pemberian obat cacing harusnya setelah terbukti kalau di feses ada cacing. Memang pada orang yang cacingan, penyakit ini dapat mempengaruhi penambahan berat badan karena ada gangguan dalam penyerapan nutrisi. Bila memang Anda merasa sulit makan dan berat badan tidak naik-naik tidak ada salahnya memberikan obat cacing.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat.
  • Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh. Bisa juga ditambah dengan olahraga yang bersifat pembentukan seperti push up,sit up,dan angkat beban.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma
  • Memperbanyak minum air putih

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar