Sukses

Haid Tidak Teratur

20 Jul 2017, 14:03 WIB
Wanita, 17 tahun.

Nama saya laila, Saya pernah lari 2 km lalu beristirahat. Tapi setelah itu saya merasa pusing, mual, dan berkeringat dingin. Begitu juga dengan olahraga yang lain jika terlalu berlebihan. Lalu saya juga bingung dengan fase haid saya yang tidak teratur. Sudah 2 bulan lebih saya tidak haid. Walaupun ada paling cuma 1 hari saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan bagaimana penanganannya? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 3-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Sedangkan oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Untuk mengetahui apakah siklus haid Anda seperti apa, sebaiknya perhatikan dulu 3 siklus menstruasi dan dihitung jumlah hari antara hari pertama haid setiap siklus.

Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • menyusui
  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stress psikologis
  • atlet
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu (seperti KB hormonal)
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid
  • gangguan organ reproduksi, (seperti Polycystic Ovary Syndrome, infeksi ronggal panggul, dsb)

Untuk tatalaksana awal, cobalah beberapa tips dibawah:

1. Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus menstruasi. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka menstruasi tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan. Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

2. Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

3. Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus menstruasi yang ada.

Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan nyeri. Jika hal ini terjadi, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga:

1. Pemanasan

Pemanasan penting untuk mencegah sakit kepala pasca olahraga karena membuat tubuh bekerja secara bertahap.

2. Mulai dari intensitas ringan

Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak, selalu mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap naik. Olahraga angkat beban merupakan salah satu jenis olahraga yang sering menimbulkan sakit kepala pasca olahraga.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Pada kondisi dehidrasi kekurangan cairan, respons tubuh terhadap stres lebih buruk. Selain itu, asupan cairan yang cukup akan membantu metabolisme tubuh lebih baik.

4. Buat jadwal olahraga secara teratur

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Exercise Physiology, migraine biasanya muncul pada mereka yang memiliki jadwal olahraga tidak teratur. Misalnya pada mereka yang baru memulai olahraga lagi setelah berhenti olahraga pada periode waktu tertentu.

Sebaiknya untuk mengetahui secara pasti penyebab dari kondisi Anda, segera konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang bila dibutuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai haid tidak teratur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar