Sukses

Anak 9 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri

20 Jul 2017, 13:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, anak saya umur 9 bulan duduknya hanya sebentar lalu jatuh ke belakang , kadang gak mau duduk. Apakah itu wajar? Dan bagaimana agar anak bsa cepat duduk sendiri tanpa didudukkan? Terima kasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kondisi anak usia 9 bulan belum bisa duduk menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda

Berdasarkan grafik tumbuh kembang, anak usia 9 bulan diharapkan mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. Bila memang anak Anda belum bisa duduk sendiri, bagaimana dengan perkembangan lainnya?

Kendati demikian, perlu diingat bahwa perkembangan tiap- tiap anak berbeda- beda. Terus berikan stimulasi dengan memberikan mainan atau bersama membaca buku sembari memposisikan anak di posisi duduk.

Bantu anak agar bisa duduk sendiri. Mula-mula anak didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika anak dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika anak belum bisa duduk tegak, pegang badannya. Jika bisa duduk tegak, dudukkan di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk menerapkan hal-hal di atas. Stimulasi tersebut harus dilakukan terus-menerus secara perlahan, bertahap, dan penuh kasih sayang.

Apabila setelah menerapkan hal-hal di atas dengan baik, anak Anda masih belum bisa duduk, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi mengenai anak belum bisa duduk yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar