Sukses

Kulit Wajah Gatal dan Bersisik

20 Jul 2017, 13:41 WIB
Pria, 23 tahun.

Malam dokter saya mau konsultasi. Ini saya punya kulit wajah sering gatal dan bersisik di daerah pipi, kumis, alis dan dagu. Saya pikir mungkin ini alergi sabun, karena setiap kali saya cuci muka pakai sabun esoknya timbul gatal" dan bersisik bagian pipi di sertai gatal" dok. Kalau boleh saya minta solusinya dok. Ohh iya dokter saya mau tanya lagi, apakah boleh mencuci muka menggunakan air hangat sebelum dan sesudah tidur? Terimakasih sebelumnya dokter

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kulit gatal bersisik melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang berbagai diagnosis yang berhubungan dengan keluhan gatal.

Keluhan gatal di kulit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, pitiriasis rosea atau psoriasis.

  • Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  • Infeksi jamur (tinea cruris)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan, dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Lalu coba untuk memakai baju yang menyerap keringat dan hindari penggunaan handuk atau baju dengan orang lain.
  • Peradangan kulit akibat keringat (dermatitis seborrhoeic) --> Suatu bentuk peradangan kulit yang menyebabkan gatal pada daerah-daerah yang berkeringat banyak, seperti daerah kepala, selangkangan, atau wajah. Biasanya disebabkan oleh jamur (jenis jamur berbeda dengan infeksi jamur diatas), kekurangan vitamin, genetis, dan hormonal.
  • Kulit kering
  • Alergi

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter spesialis kulit untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar