Sukses

Menghilangkan Ruam Merah pada Bayi

20 Jul 2017, 13:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok obat apa yg bisa saya berikan utk bayi saya yg berumur 2 bulan terkena ruam susu di bagian pipinya? Dan bagaimana cara mengobati bekas luka yg ada diruam tersebut.?

Terima kasih telah bertanya tentang menghilangkan ruam merah pada kulit bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Ruam-ruam merah di kedua pipi kemungkinan merupakan dermatitis atopik. Dermatitis atopik pada anak paling sering merupakan bentuk dari manifestasi alergi makanan pada bayi. Alergi makanan yang paling sering dialami oleh bayi adalah susu sapi, kacang-kacangan, telur, dan makanan laut. Hal ini bisa didapat dari makanan yang ibu konsumsi (apabila bayi mengonsumsi ASI) atau susu formula, apabila bayi mengonsumsi susu formula.

Untuk mengetahuinya, disarankan agar bayi berhenti dulu mengonsumsi susu formula atau ibu pantang konsumsi susu dan produk turunannya (mentega, yogurt, krim, keju, dll), serta makanan-makanan yang mengandung susu dan produk-produk tersebut. Pantangan ini dilakukan selama 1-2 minggu. Apabila gejala menghilang, berikan kembali susu formula, dan ibu bisa makan kembali susu dan produk turunannya. Apabila memang gejala tersebut muncul kembali, maka diagnosis alergi susu sapi dapat ditegakkan.

Dermatitis atopik dapat diobati dengan krim yang dapat diresepkan oleh dokter. Kami tidak sarankan Anda menggunakan sembarang krim atau obat tanpa petunjuk dokter. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam .

0 Komentar

Belum ada komentar