Sukses

Tips Merawat Luka Jahitan

20 Jul 2017, 12:00 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dokter anak saya sunat dgn smartklam jm 6 pagi disunat dan jm 10 pagi tiba2 tabungnya terlepas dgn sendirinya dan akhirnya mengalami pendarahan hebatdan jm 1 baru ditangani dgn dijahit dan sdh 1 mggu ini masih mengalami bengkak dan bernanah.blm lg anak saya masih mengalami trauma dgn pendarahan yg d alaminya.yg saya tanyakan knapa tabung bs lepas sendiri hanya selang beberapa jam dan gmn merawat bks luka jahit spy tdk bengkak dan bernanah dan gmn caranya spy cpt kering luka jahitnya.trimakadih

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter

Halo, 

Luka bekas jahitan memang perlu dirawat dengan baik. Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka  agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas jahitan. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka .

Kemungkinan utama penyebab keluarnya nanah pada luka pasca jahitan dan luka yang terlihat basah yang anak Anda alami adalah infeksi. Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Namun, hal ini tentunya harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Namun sekali lagi kami tidak melakukan pemeriksaan langsung terhadap kondisi Anda. Untuk itu, sebaiknya anda kembali memeriksakan diri kepada dokter yang menangani anak Anda.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar