Sukses

Nyeri Perut Kanan dan Pusing

20 Jul 2017, 12:44 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok saya kan habis lahiran normal dan setelah habis lahiran sekarang saya ngerasain sakit nyeri pada perut sebelah kanan kadang sakitnya pindah di perut pas puser terus pinggang sampai leher kok rasanya pegel nyeri hampir tiàp hari tp kadang rasa sakitnya hilang sendiri kadang muncul.sering pusing jg.itu kenapa ya dok..trimakasih dokter jawabannya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tampaknya tidak ada hubungan dengan proses persalinan Anda.

Sebelumnya, ada beberapa pertanyaan yang perlu kami ajukan :
Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?)
Apakah nyeri disertai demam?
Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)?
Apakah terdapat keluhan terhadap BAB (buang air besar)?
Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi nyeri Anda dan bagaimana hasilnya?
Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda selama ini?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Mengenai keluhan tersebut, nyeri perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan. Antara lain :

Gangguan otot, otot yang berkontraksi terlalu hebat mungkin saja menjadi penyebab apabila anda memang aktif, riwayat trauma sebelumnya, atau beraktivitas (olahraga) tanpa pemanasan.
Gangguan sistem pencernaan
Gangguan sistem reproduksi. Gangguan dari sistem reproduksi umumnya terjadi pada daerah indung telur atau saluran tuba kanan.
Gangguan dari sistem pencernaan yang paling sering adalah appendisitis akut / kronik (usus buntu).

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan melakukan wawancara secara menyeluruh dan melakukan pemeriksaan fisik serta penunjang (jika diperlukan) seperti USG perut untuk dapat menentukan tatalaksana yang tepat sesuai dengan penyebab keluhan Anda tersebut.

Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa anda langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar