Sukses

Lubang Kelainan Bawaan Di Daun Telinga Terinfeksi

20 Jul 2017, 10:54 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dokter, saya memiliki tanda sejak lahir yaitu lobang (sebesar tindikan anting) di daun telinga saya, lokasinya di sambungan antara telinga dan kepala. Sebenarnya secara yg keliatan tidak ada masalah, tp sedari kecil lubang telinga saya ini sering gatal dan kalau di tekan, mengeluarkan air bening yg berbau tak sedap, namun sekitar 5 atau 10 tahun yang lalu, selain sering gatal, kalau terlalu sering di tekan/di garuk(untuk mengurangi gatal) lama kelamaan disekitar lubang jadi membengkak, dan rasanya di dlm bengkak tersebut penuh cairan, kadang sering pecah sendiri atau terkadang karena gemas saya suka pecahkan sendiri, dan keluar cairan seperti warna susu tp agak kuning sedikit(saya sempat menyangka ini congek) bercampur darah, kalau sudah keluar cairannya, bengkak tersebut akan kempes, tapi rasa gatal tetap ada, dan tetap apabila di tekan keluar cairan, nah nanti akan kembali ke siklus, bengkak, pecah, keluar cairan.. seperti itu terus. Ortu saya suruh saya ke dokter, tp saya pikir sepertinya ada saluran di telinga yang memang terbentuk saat saya lahir, nah karena ini saluran saya bingung, akan diobati seperti apa? Toh ini bukan penyakit, tp kaya semacam kelainan karena di daun telnga saya ada lubang yang secara alamiah terbentuk sejak saya lahir. Menurut dokter apakah ada kondisi seperti ini yah? Gimana sebaiknya?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Walaupun merupakan bawaan lahir, apabila lubang tersebut mengeluarkain cairan warna susu agak kuning, berbau tidak sedap, dan membengkak merupakan tanda mengalami infeksi. dan harus segera diatasi. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan mendapat terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam Sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar