Sukses

Nyeri, Pegal, Bengkak, Pada Sendi Dan Otot Setelah Aktivitas

20 Jul 2017, 10:54 WIB
Wanita, 13 tahun.

Assalamualaikum wr wb dok. Sy mau tanya dok, jadi dari SD kan sy kayak punya masalah nih sama otot atau sendinya kaki saya. Saya juga kurang tau. Jadi kalo misalnya saya suka beraktivitas berlevih kayak jalan2 kaki terus, naik turun tangga,dll. Jadi,sore atau malammnya itu saya pasti selalu sakit pegall minta ampun dan lama kelamaan bengkak lalu tidak bisa digerakan. Teman sy blg kalau sy ini kena asam urat. Umur sy msh 14 thun padahal dok, makanan juga alhamdulillah sy msh dijaga dan gaterlalu banyak konsunsi purin. Dan bukan kaki sy aja dok, tangan sy jg bisa kayak gitu. Saya mau tanya sy ini kena penyakit apa dan cara sembuhinnya dengan cepet gimana ya? Rata2 sy banyak aktivitas jalan itu ketika ada acara. Jadi sy sering banget keganggu gabisa jalan pas lg acara itu. Terimakasih dok Wassalamualaikum wr wb.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pada umumnya nyeri dan pegal pada sendii tangan ataupun kaki diakibatkan oleh sendi. dan bisa juga ini hanya kelelahan otot biasa. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh seorang dokter.

Pegal-pegal yang Anda rasakan kemungkinan adalah fibromyalgia. Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan. Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga stamina Anda.

 Beberapa penyakit nyeri sendi justru bisa dialami oleh usia muda. Dari beberapa penyakit tersebut, yang paling sering ditemukan pada usia muda adalah reumatoid artritis.Tak hanya sekedar usia muda, reumatoid artritis kebanyakan menyerang wanita usia muda yang masih produktif. Namun, angka kejadian penyakit ini memang tidak sefantastis osteoartitis (penyakit rematik yang biasa diderita oleh lansia), yaitu sekitar 1% di seluruh dunia.

Reumatoid artritis itu sendiri merupakan penyakit autoimun.Artinya, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dengan menyerang kuman penyebab penyakit justru berbalik menyerang dan merusak sel tubuh sendiri. Dalam hal ini, serangan autoimun ditujukan pada sendi. Sendi yang terkena adalah sendi-sendi kecil, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit autoimun ini pun umumnya mengenai kedua sisi tubuh (kanan dan kiri).

Sebagai gejala awal, penyakit ini menimbulkan tanda seperti nyeri dan kaku sendi yang seringkali timbul di pagi hari saat bangun tidur. Selain itu, sendi pun dapat menjadi bengkak. Seringkali nyeri dan kaku yang dikeluhkan sangat berat, hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak heran kalau penyakit nyeri sendi ini disebut-sebut dapat berpotensi mengganggu produktivitas orang usia muda.

Cobalah meningkatkan olahraga Anda, apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu aktivitas, maka kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda, dokter akan melakukan wawancara menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap, serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar