Sukses

Nyeri Perut Kanan Atas

20 Jul 2017, 10:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok... Sekitar umur 18-19 tahun saya pernah terkena virus Hepatitis. Sekitar 6hari sempat opname, Ketika itu berat badan saya 58kg, perlahan2 mengalami penurunan hingga sekarang di 45-46kg. Terkadang saya merasa nyeri di perut bagian kanan bawah, dan terasa mengganjal ketika digunakan duduk. Di bagian tulang punggung juga merasakan nyeri. Seperti kelelahan bekerja. Saya sekarang berada di Taiwan sudah 4bulan. Dan dulu waktu test kesehatan saya Oke. Sudah 2hari ini selama 4bulan di Taiwan saya merasakan nyeri tersebut. Apakah efek nyeri itu ada hubungannya dengan Hepatitis yang pernah saya alami ?

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri perut kanan atas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Bila memang ada riwayat hepatitis sebelumnya, maka tidak menutup kemungkinan nyeri yang Anda rasakan berasal dari penyakit yang sama. Bergantung pada jenisnya, hepatitis jenis tertentu dapat sembuh sempurna, bertahan lama atau bahkan menimbulkan kerusakan permanen di hati.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium atau pencitraan untuk memastikan gangguan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai nyeri perut kanan atas. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar