Sukses

Peluang Hamil Pasca Berhenti KB Suntik 3 Bulan

20 Jul 2017, 10:54 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya mau tanya .. Saya sudah berhenti kb suntik 3bulan . Tapi saya belum kembali haid .. Tapi saya tetap berhubungan dengan suami .. Apakah kemungkinan bisa hamil dok ? Terimakasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Kesuburan tidak akan langsung kembali setelah penghentian KB suntik. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Sudah berapa lama Anda berhenti KB ?  Tidak adanya siklus menstruasi menandakan tidak adanya pengeluaran sel telur dan tentunya mempengaruhi kesuburan wanita bersangkutan. Karena untuk hamil diperlukan ovulasi (pelepasan sel telur).

Namun, selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Maka, selama rentang waktu tersebut, sebaiknya Anda mengkombinasikan jenis KB yang Anda gunakan, misalnya menggunakan kondom, diafragma, spermisid, dll.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar