Sukses

Penularan HPV

20 Jul 2017, 11:13 WIB
Wanita, 36 tahun.

Saya ingin bertanya bagaimana jika seorang wanita menularkan HPV ke pasangannya , dan ternyata ketika wanita ini melakukan pap smear hasilnya negatif. Padahal pasangannya tertular oleh wanita tsb. Yang saya ingin tanyakan : Bagaimana hal tsb bisa terjadi? Apakah wanita tsb memang aman dr HPV jika hasil pap smear negatif. Dan apakah perlu pemeriksaan ulang pap smear beberapa bulan kemudian? Terima kasih atas infonya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

HPV (Human Papilloma Virus) merupakan suatu jenis virus DNA dari famili papillomavirus yang dapat menyerang manusia. HPV terutama menginfeksi kulit dan jaringan mukosa, termasuk genital/alat kelamin, mulut dan tenggorokan. Terdapat lebih dari 100 jenis HPV. HPV-16 atau HPV-18 adalah jenis virus HPV yang memiliki risiko tinggi dan paling banyak ditemukan sebagai penyebab kanker serviks. Sedangkan HPV-6, HPV-11, dan beberapa jenis HPV lainnya memiliki risiko rendah dan biasanya menimbulkan tumor jinak. Berdasarkan risikonya, HPV dibagi menjadi dua:

HPV risiko rendah

Contoh: HPV-1 HPV-6, HPV-11
Tumor jinak/ kutil di kulit (veruka vulgaris) atau di kelamin (kondiloma akuminatum)
HPV risiko tinggi

Contoh: HPV-16 dan HPV-18
Tumor ganas/kanker: serviks, faring/tenggorokan, mulut

HPV sangat mudah menular melalui kontak langsung dengan kulit yang terkena (lesi) atau melalui hubungan seksual (pada HPV genital). Dan belum ada laporan penularannya melalui ciuman bibir atau bergantian pakaian.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar