Sukses

Kulit Areola Perih dan Mengelupas

20 Jul 2017, 10:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam Dok, saya ada keluhan di daerah lingkaran puting di bag kanan saya Dok. Dulu pernah seperti ini namun sdh hilang dan kondisi kanan kiri yg seperti itu dan sdh coba cek ke dokter Spkk info nya hanya alergi. Tp ini kambuh lagi Dok , dan keluhan yg sama Gatal, Luka seperti titik titik dan agak perih saat Luka itu meluarkan cairan, saat kondisi Luka itu kering akan mengelupas seperti ganti kulit . Saya sdh disarankan Pakai minyak zaitun dan ‌‌sabun yg mengandung minyak zaitun seperti Olium. Lukanya tdk banyak cuma titik kecil dan tdk lebar. saya takut ini penyakit kulit yg bahaya Dok . Kira kira itu penyakit apa ya Dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang kulit areola payudara perih dan mengelupas melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda sedang menstruasi saat ini? Atau apakah Anda sedang hamil atau menyusui saat ini? Gatal di puting disertai pengelupasan kulit di sekitar areola atau daerah hitam di sekitar puting (bahkan di puting sendiri) wajar dialami bila menjelang menstruasi, saat hamil, dan menyusui.

Hal tersebut dikarenakan perubahan hormonal. Bila keluhan ini kerap muncul menjelang haid, Anda dapat mencoba mengoleskan pelembab di sekitar darah yang gatal. Umumnya gejala terjadi 1 minggu sebelum menstruasi dan berlanjut selama menstruasi. Akan tetapi apabila gatal terus menerus mungkin saja dapat disebabkan karena jamur atau infeksi kulit lainnya, terutama bila kemerahan dan berbintik-bintik. Jika sudah didiagnosa akibat alergi, maka cobalah untuk menjaga kesehatan daerah areola payudara Anda dan mengikuti petunjuk dokter. Karena pada kelainan kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

Bila keluhan ini terus berlanjut, kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit kembali agar dapat diketahui pasti penyebabnya dan mendapatkan terapi yang paling sesuai.

Namun, beberapa kelainan kulit gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
  3. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
  4. Nyeri pada payudara.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kulit areola payudara perih dan mengelupas. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

1 Komentar

  • KHO******RIN

    Terima kasih Dok, sdh menjawab pertengahan saya. Saya tdk sdng haid atau hamil. Ini kondisi nya bintik bintik luka Dok . Nnti akan hilang lalu muncul lg Dok. Terima kasih.