Sukses

Nyeri Badan Sebelah Kiri

20 Jul 2017, 10:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

Hallo dok, Saya wanita umur 25 tahun, 2 minggu ini paha kiri saya terasa nyeri, menjalar ke daerah pangkal paha dan juga belakang lutut. Dan nyeri tersebut terasa setiap waktu, terkadang tangan kiri juga ngilu dan kedutan, nyeri di wajah bagian kiri dan juga kadang kadang sakit kepala bagian kiri. Kelainan apakah itu dok? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri tubuh sebelah kiri menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Nyeri separuh tubuh dapat disebabkan karena banyak hal, mulai dari gangguan pada otot, serabut saraf, persendian atau tulang, dan juga karena sistem saraf pusat. Membaca keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan penyebabnya cukup banyak.

1. Scoliosis: orang dengan kelengkuan ruas tulang punggung yang abnormal dapat menimbulkan keluhan pegal. Pegalnya dapat bersifat lokal pada bagian tubuh tertentu, separuh badan, maupun seluruh badan yang hilang timbul maupun terus menerus. Scoliosis dapat berhubungan dengan pola kita duduk, menulis, bekerja maupun bawaan.Untuk menegakkan diagnosis scoliosis perlu pemeriksaan fisik lanjutan oleh dokter dan rontgen sepanjang tulang punggung dari leher sampai tulang ekor. Tatalaksana scoliosis dapat berupa fisioterapi dan memperbaiki postur tubuh sehari-hari. Namun bila sudah parah, salah satu cara untuk memperbaikinya dengan operasi.

2. HNP (hernia nuclosus pulposus). Orang-orang sering menyebutnya saraf kejepit. Hal ini disebabkan adanya bantalan antar-ruas tulang punggung yang bergeser dari tempat asalnya. Bantalan yang berupa jaringan lunak ini membuat rongga jalan saraf keluar dari rongga tulang punggung menyempit. Penyebabnya hampir sama dengan scoliosis, sebagian besar karena lifestyle. Dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan pemeriksaan canggih seperti EMG dan MRI bila dirasakan perlu. Terapinya juga mirip dengan scoliosis.

3. Iritasi radiks. Hampir sama dengan HNP namun dengan tingkat yang lebih ringan

4. Batu ginjal

5. Batu empedu

6. Kelainan pada sistem saraf dan saraf pusat. Untuk membuktikannya haruslah diperiksa secara teliti oleh dokter.

Pemeriksaan saraf menyeluruh yang sederhana bisa menyempitkan kemungkinan diagnosis banding. Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh dokter secara langsung dan seksama mulai dari saraf-saraf krnaial (daerah kepala dan leher) sampai saraf tepi (perifer) di ujung kaki. Kadang dokter butuh melakukan konfirmasi dengan pemeriksaan canggih seperti EMG, MRI, dan lain-lain. Terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan penyebab kelaian yang terjadi.

Saran kami, temui dokter Anda untuk konsultasi lebih lanjut. Mungkin pada pertemuan pertama dokter belum memahami dengan sempurna keluhan Anda. Pada pertemuan berikutnya diharapkan komunikasi antara Anda dan dokter sudah menyatu. Bila tidak puas, Anda dapat menemui dokter lain di seperti spesialis saraf atau spesialis ortopedi untuk second opinion.

Demikian informasi tentang nyeri tubuh sebelah kiri yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar