Sukses

Vagina Terasa Panas Setelah Haid Karena Minum Soda

19 Jul 2017, 23:44 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum dok .. saya mau tanya , kenapa tiba tiba vagina saya terasa panas setelah menstruasi? Apa karna saya pas menstruasi minum soda / apa dok? Terimakasih sebelumnya . Wassalamualaikum.wr.wb

Terima kasih telah bertanya seputar vagina terasa panas berhubungan dengan soda melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Selain keluhan kemaluan terasa panas, apakah terdapat keputihan atau nyeri? Keluhan Anda dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya iritasi, infeksi, dll.

Sekiranya rasa panas pada vagina tidak berhubungan dengan konsumsi soda. Terdapat beberapa mitos yang mengatakan dengan mengonsumsi minuman bersoda, maka akan mempercepat durasi menstruasi dan bahkan ada mitos yang mengemukakan minuman bersoda memberikan pengaruh pada kadar sakit atau nyeri seseorangketika haid.

Tidak ada penelitian yang membuktikn bahwa minuman bersoda dapat mempercepat durasi menstruasi. Bahkan, kandungan dalam minuman bersoda yang berlebihan dapat menimbulkan luka pada usus, beresiko pada berat badan dan gangguan menstruasi itu sendiri. Apalagi, kondisi tersebut kian diperparah jika tidak diimbangi dengan asupan makan yang teratur.

Pun kadar nyeri yang ditimbulkan pada saat haid disebabkan oleh hormon dan juga pengaruh faktor psikis. Bukan karena minuman bersoda.

Disamping itu, minuman soda berkarbonat (soft drink) ternyata juga memiliki kandungan kafein dan pemanis buatan (aspartame). Kadar kafein yang terkandung memang tidak sebanyak kopi. Penelitian mengenai efek soda yang diminum saat menstruasi memang belum banyak ditemukan.

Namun, dari beberapa yang ada terdapat penelitian epidemiologi yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology pada tahun 1999 mengenai konsumsi kafein dan fungsi menstruasi. Konsumsi kafein dihubungkan dengan penurunan risiko terjadinya waktu menstruasi yang panjang (lama mens menjadi memendek), dan konsumsi kafein yang berat seringkali dihubungkan dengan peningkatan risiko terjadinya siklus menstruasi yang pendek.

Kafein dapat menyebabkan konstriksi pembuluh darah uterus (rahim) sehingga terjadi penurunan aliran darah uterus ,yang mana dapat mengurangi perdarahan menstruasi dan memperpendek durasi mens. Selain itu, didapatkan juga bahwa mereka yang mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak menjadi dua kali lebih mungkin untuk mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi. Efek vasokonstriktor dari kafein ini pun yang kemudian menyebabkan nyeri saat menstruasi terasa lebih berat. Sehingga sebaiknya pada saat menstruasi, wanita mengurangi atau tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vagina terasa panas berhubungan dengan soda. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar