Sukses

Cairan Sperma Yang Keluar Setelah Buang Air Kecil

19 Jul 2017, 22:32 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok.. saya mau bertanya... setiap saya selesai buang air kecil, lalu kebelet lagi, dan yang keluar adalah sperma.. itu penyakit apa ya dok? Bagaimana cara penyembuhannya.. terimakasij

Terima kasih telah bertanya seputar cairan sperma yang keluar setelah buang air kecil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ijinkan kami menanyakan beberapa pertanyaan mengenai cairan putih yang keluar setelah buang air kecil. Apakah air mani yang Anda maksudkan adalah cairan kental bening sampai kekuningan? Apakah Anda yakin yang keluar adalah cairan mani bukan cairan seperti nanah?

Bila benar yang keluar adalah cairan mani saat buang air kecil maka dapat disebabkan oleh retrograde ejaculation atau pun karena gangguan persarafan. Retrograde ejaculation adalah dimana saat ejakulasi (mengeluarkan cairan sperma), maka cairan sperma tidak keluar ke penis melainkan ke dalam kandung kemih sehingga pada saat buang air kecil (BAK) keluar urin yang berwarna keruh atau bercampur dengan cairan sperma. Sedangkan gangguan persarafan sehingga terjadi pelemahan otot yang menahan keluarnya cairan sperma. Biasanya bila disebabkan oleh kondisi tersebut, tidak menyebabkan nyeri saat buang air kecil.

Dapat juga cairan putih kental tersebut bukan cairan sperma melainkan cairan nanah yang dapat diakibatkan penyakit gonore (kencing nanah). Biasanya disertai nyeri saat buang air kecil dan adanya riwayat berhubungan intim dengan pasangan berisiko seperti PSK. Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan variasi gejala pada saluran kemih seperti BAK lebih sering, BAK tidak tuntas, setiap BAK harus mengedan, dll.

Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis urologi atau spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, karena dibutuhkan wawancara lebih menyeluruh, dan pemeriksaan fisik serta bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cairan sperma yang keluar setelah buang air kecil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar