Sukses

Kencing Berwarna Teh?

19 Jul 2017, 22:02 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok...3 hri ini....air kencing saya kaya air teh dok...knpa y dok?...BAGAIMNA MENGATASINYA....

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai kencing berwarna teh.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Salah satu penyebab kencing berwarna teh pekat dan nyeri perut kanan adalah sakit kuning. Penyakit kuning dapat terjadi karena penumpukan bilirubin (produk pemecahan sel darah yang berwarna kuning yang diproduksi oleh hati dan disimpan oleh kandung empedu) pada darah dan jaringan kulit. Maka, penyakit kuning dapat terjadi jika ada masalah pada organ hati, kandung atau saluran empedu dan darah. Jika terjadi peradangan di hati, sumbatan saluran empedu atau pemecahan sel darah merah berlebihan maka dapat menyebabkan kuning. Penyakit penyebabnya sangat banyak, sehingga memang perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Salah satu penyakit yang menyebabkan sakit kuning adalah hepatitis. Ada beberapa jenis hepatitis, yang tersering adalah hepatitis A, B, dan C.

Hepatitis A bersifat akut, umumnya memiliki gejala mual muntah, demam, kencing seperti teh. Nyeri perut kanan atas, dll.Beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda terkena hepatitis diantarnya:

Istirahat cukup, hindari aktifitas yang berlebihan.

Biasanya pasien hepatitis sering mengeluh rasa tidak nyaman di perut dan mual. Hindarilah makanan yang memicu mual, makanan dengan bau yang memicu mual, makanan pedas, dan makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Konsumsi lebih banyak sayur dan buah

Cukupi kebutuhan cairan

Tidak mengkonsumsi alkohol, alkohol dapat memperparah kerusakan hati.

Jangan sembarangan minum obat anti nyeri karena ada yang bersifat hepatotoksik (merusak hati)

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter Anda dan menjalani pengobatan serta evaluasi secara teratur.

 Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar