Sukses

Gatal Daerah Dubur

19 Jul 2017, 19:20 WIB
Wanita, 30 tahun.

Sebelumnya sy ucapkan terimakasih pd dok telah menjawab pertanyaan sy. Selama sy mrasakn gatal bab sy lancar n tdk ada keluhan berdarah atau spti gejala ambeien/wasir. Y sy rsakn hanya gatal y teramat sangat d daerah luar sekitar dubur n daerah dubur agak ke dalam. Kadang sy garuk hingga lecet n terasa perih. Selm ini sy konsul k dok spesialis kulit tapi masi ja g da perubahan. Lalu k dok umum jg sm lum ada perubahan. Sebaiknya obat harus sy minum untuk mengurangi rasa gatal karena jik terima air dingin rasanya menjadi gatal kau d bri salep ketonazole rasanya jg tmba gatel.

Terima kasih telah bertanya seputar gatal daerah dubur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gatal daerah dubur dapat bermacam-macam sebabnya, misalnya cacing kremi (Oxyuris vermicularis), jamur atau Candida (sejenis jamur), dermatitis, alergi, dan lain-lain. Apakah ada keluhan penyerta lainnya yang Anda rasakan selain gatal pada dubur? Contohnya seperti penurunan berat badan, sakit perut, dll. Basah daerah dubur dapat saja dikarenakan garukan sehingga keluar cairan, tetapi tentunya perlu dipastikan dengan pemeriksaan fisik. Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter agar dapat diwawancara dan diperiksa secara menyeluruh.

Salep ketokonazole yang Anda sebutkan adalah salep untuk mengatasi infeksi jamur, jika menggunakan krim tersebut keluhan gatal masih belum membaik, maka perlu dicari tahu lebih menyeluruh apa penyebab gatal yang Anda alami. Karena keluhan gatal pada dubur bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, maka tidak menutup kemungkinan pengobatan yang diberikan dapat berganti sesuai dengan perjalanan penyakit Anda. 

Sebaiknya kembalilah ke dokter terdekat atau ke dokter spesialis penyakit dalam atau pun ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik, dan penunjang bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gatal daerah dubur. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar