Sukses

Nyeri Sendi Lutut

19 Jul 2017, 18:41 WIB
Wanita, 62 tahun.

Permisi dok..mau tanya klo sendi lutut klo di buat jalan itu sakit sekali ..tp klo duduk ato utk tidur tdk sakit.. Kata dokter sebelumnya itu tulangnya agak mepet yg atas dan bawah..solusinya /apa obatnya ya dok agar bs jalan kembali..klo begini sy tidak bs jalan krn utk tumpuan jalan sakit sekali..terima kasih sebelumnya dok utk jawabannya .

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri sendi lutut melalui fitur Tanya Dokter

Nyeri sendi lutut bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • perkapuran sendi lutut
  • perkapuran tempurung lutut
  • cedera meniskus (bantalan sendi lutut)
  • peradangan sendi
  • dll

Penanganan nyeri sendi tentu bergantung pada penyebabnya. Apabila memang benar karena adanya penyempitan celah sendi, maka kemungkinan adalah akibat perkapuran sendi lutut. Perkapuran sendi lutut dapat diperberat oleh berat badan yang berlebihan, aktifitas, kelemahan otot kaki dan kekakuan otot kaki (paha depan, paha belakang, dan betis).

Oleh karena itu, hal yang terpenting adalah mengurangi berat badan, membatasi aktifitas fisik yang membebani lutut sementara (berlari, melompat,dll), dan melatih kelenturan dan kekuatan otot. Otot yang lentur dan kuat dapat mengurangi beban sendi untuk menerima beban. 

Penanganan selanjutnya apabila ke4 hal diatas tidak berhasil memperbaiki keluhan anda, maka terapi injeksi pelumas sendi atau anti nyeri dapat diberikan dan tetap melatih otot dan mengurangi berat badan. Pada keadaan yang parah, operasi dapat dianjurkan. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri sendi lutut, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar