Sukses

Resiko Memiliki Gigi Bungsu Yang Impaksi

19 Jul 2017, 15:55 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok teman saya bilang gigi bungsunya tumbuh karena dia sempat merasa panas dingin katanya pas giginya tumbuh dan skrng suka sakit di bagian graham dan suka pusing dok Kalau memang harus operasi cabut gigi resikonya berat gk yah dok And bahaya kah gigi bungsunya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar resiko memiliki gigi bungsu yang impaksi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin mejelaskan sedikit mengenai gigi geraham bungsu. Gigi Molar (geraham) manusia ada 3 pada tiap sisi rahang atas dan bawah, dan geraham ketiga yang letaknya di ujung rahang itu memang lazimnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun ke atas, maka itu sering disebut "wisdom tooth" atau gigi geraham bungsu. Karena tumbuhnya paling akhir di saat gigi lain sudah tumbuh, maka biasanya gigi tersebut tidak ada tempat untuk keluar ke rongga mulut dengan posisi normal seperti gigi lain.

Fenomena yang anda alami Sangat wajar. Banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh miring atau terhalang tulang (impaksi) atau yang seperti anda alami dengan posisi horizontal, dan pada sebagian besar menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, sakit kepala, pusing, demam atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Ada juga yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan seperti pada kasus Anda perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, dampaknya ke depan, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai resiko memiliki gigi bungsu yang impaksi , semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • hok******domuan

    dok tapi ada rasa takut kalau d operasi dok soalnya khan gigi menyangkut ke syaraf otak,,resikonya gmna dok soalnya ad rasa ktakutan