Sukses

Biang Keringat, Ketika Kulit Gatal dan Memerah

19 Jul 2017, 14:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, kenapa ya belakangan ini saya sering mengalami gatal-gatal pada kulit, setiap panas dan berkeringat sudah timbul bentol-bentol pada seluruh kulit sampai muka, lalu saya usap bedak caladine cair di bagian yg gatal lalu hilang, tapi kemarin sore sudah mulai tidak mempan dok dan gatal-gatal tsb pun to timbul sendirinya tanpa saya merasa panas dan berkeringat. Saya sdh periksa ke dokter umum terdekat, kata beliau saya alergi cuaca dan tdk boleh mandi malam, tp saya tdk sering mandi malam dok, jarang sekali malah. Saya diberi obat Froxona dan Arfen dok, obat itu hanya dikonsumsi ketika saya mulai merasa gatal-gatal. Tp saya masih ragu dok. Apa yg sebenarnya terjadi dg saya? Apa benar saya alergi cuaca? Atau alergi makanan dan semacamnya ya dok krn saya jg sering mengonsumsi ayam

Terimakasih telah bertanya seputar biang keringat melalui fitur Tanya Dokter.

Dari deskripsi singkat Anda, sepertinya Anda mengalami biang keringat Biang keringat atau disebut juga miliaria rubra, merupakan ruam kulit berupa bintik-bintik kemerahan yang gatal dan dapat terasa menyengat.

Miliaria dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun paling sering timbul di wajah, leher, punggung, dada, atau paha beberapa hari setelah terpapar udara panas.

Kadangkala kemerahan tersebut dapat melenting seperti terisi cairan dan nampak lebih bengkak, gatak, serta terasa menyengat.

Miliaria ini umumnya muncul ketika seseorang berkeringat lebih banyak dari biasanya, ketika cuaca panas atau lembap. Pada miliaria, terjadi sumbatan kelenjar keringat sehingga keringat terjebak dan menimbulkan iritasi pada kulit. Keluhan miliaria lebih terasa pada area yang tertutup pakaian. 

Miliaria bukanlah kondisi yang serius dan jarang membutuhkan penanganan khusus. Biasanya ruam akan hilang dalam beberapa hari. Namun, bila ini sering kambuh tentunya sangat mengganggu.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan:

  • Hindari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Bila harus bepergian di luar rumah, gunakan payung atau topi untuk mencegah paparan panas yang berlebihan.
  • Konsumsi lebih bbanyak air minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan longgar agar menyerap keringat.
  • Jaga kulit Anda tetap sejuk dengan mandi air biasa/dingin. Berada di dalam ruangan berpendingin selama beberapa jam sehari juga dapat mengurangi keluhan. Bila perlu gunakan kompres dingin, namun jangan lebih dari 20 menit.
  • Gunakan lotio calamine untuk menyejukkan dan mengurangi iritasi pada kulit.
  • Gunakan krim hidrokortison potensi rendah bila kulit amat gatal dan kemerahan. Hindari menggunakan krim ini pada wajah.
  • Bila gatal sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antihistamin seperti CTM, cetirizine atau loratadine.

Kami sarankan pula agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk ditentukan penyebab dan penanganannya yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar biang keringat. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar