Sukses

Berbagai Pertanyaan Seputar Berat Badan, Insomnia, dan Hipotensi

19 Jul 2017, 13:40 WIB
Pria, 21 tahun.

1 ) gimanA ya dok , kalo ingin gemuk dan tinggi tp saya sering tidur larut malam ?? 2 ) dan ke napa ya jika saya ingin tidur selalu ada bayang dan itu menggagu bgt .. 3 ) mengonsumsi apa ya yg bagus , kalo setiap kali berdiri kepala saya suka kunang-kunang ... di tunggu penjelasannya dok ...

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

1. Ingin gemuk

Agar berat badan bertambah, jelas Anda harus tidur cukup. Di saat tidur, tubuh menjalani proses pemulihan dan pembangunan. Di sinilah massa tubuh dibentuk.

Tips untuk menambah berat badan dapat Anda baca di sini.

2. Sulit tidur

Sulit masuk tidur atau mempertahankan tidur disebut dengan insomnia. Insomnia hanyalah sebagian kecil dari gangguan tidur, tetapi merupakan keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Ada banyak faktor penyebab gangguan tidur, yaitu faktor psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk.

Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisik tertentu yang memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan ini dapat dibaca di sini.

3. Berkunang-kunang bila berdiri

Kondisi yang Anda alami disebut dengan hipotensi ortostatik atau tekanan darah rendah dengan gejala pusing dan gelap mendadak saat mengubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri. Kondisi ini terjadi bila respon tubuh terhadap perubahan posisi tidak berlangsung dengan cepat. Kondisi ini bisa merupakan bawaan bisa juga kondisional, dalam arti perlu dilatih agar respon tubuh cepat. Salah satunya dengan berolahraga. Di samping itu, bangunlah secara perlahan dari posisi tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Saran lain yang dapat dilakukan agar tekanan darah meniingkat yaitu:

  • Konsumsi garam yang lebih banyak.
  • Banyak minum air putih, hindari alkohol.
  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi).
  • Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar