Sukses

Tidak Sadarkan Diri pada Pasien DIabetes

19 Jul 2017, 13:32 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, nama saya Aldy Lesmana Heryadi. saya mau bertanya dok, dua hari yang lalu ayah saya mengalami gula darah tinggi sekitar 900 dan tensi darah 230 sehingga membuat ayah saya tidak sadarkan diri dan berontak, untuk informasi dok, ayah saya sudah sakit diabetes semenjak saya smp (13 tahun lebih) dan rutin suntik insulin, hanya beberapa bulan terakhir terkena ke ginjalnya juga hingga sekarang puncaknya dua hari yg lalu yg saya ceritakan diatas. hari ini saya msh menemani beliau (ayah saya) yg ada di ruang ICU beliau kondisinya masih berontak dan tak sadarkan diri, bahkan saya tanya tidak ingat apapun, yg mau saya tanyakan bisakah ingatan ayah saya kembali atau sadar?terlepas itu harus tensi dan gula darahnya normal atau penjelasan lainnya dari dokter.terimakasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai tidak sadarkan diri akibat diabetes melalui fitur Tanya Dokter

Saya mengerti kekhawatiran Anda

Komplikasi diabetes bisa terjadi secara kronik dan akut. Komplikasi kronik pada diabetes terjadi perlahan seperti rasa kebas di tangan dan kaki, luka yang susah sembuh, kelainan pada mata dan jantung. Sementara itu komplikasi akut, biasanya memunculkan gejala yang lebih membuat keluarga pasien panik. Secara umum komplikasi akut bisa terjadi karena gula yang terlalu rendah, atau gula yang terlalu tinggi.

Beberapa penyebab seperti adanya infeksi, penyakit jantung, pemberhentian insulin maka bisa mengakibat lonjakan gula darah. Seperti yang terjadi pada kasus orang tua Anda. Kondisi ini akan mengakibatkan gangguan dalam darah yang pada akhirnya berdampak buruk pada otak sehingga pasien mengalami penurunan kesadaran. Penurunan kesadaran bukan berarti hanya tidak sadar, namun juga bisa berupa kondisi meracau, tidak nyambung bila diajak berbicara. Dalam kondisi demikian pasien bisa saja mengalami komplikasi yang lebih buruk sehingga memang butuh perawatan intensif dalam ICU. Dalam kondisi demikian biasanya penurunan kesadaran tidak hanya karena gula darah yang tinggi, kelainan lain seperti masalah infeksi dan elektrolit. Kemungkinan untuk kembali sadar sangat bergantung dengan kondisi ayah Anda sebelum sakit, ringan atau beratnya kondisi saat ini, dan pemberat lainnya. 

Target pengobatan diabetes melitus dan hipertensi berbeda tergantung usia dan kelainan penyerta lain. Umumnya target jangka panjang adalah nilai normal atau mendekati normal. 

Semoga kondisi Ayah Anda dapat tertangani dengan baik dan bisa pulih seperti sedia kala. 

Demikian informasi mengenai tidak sadarkan diri akibat diabetes. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar