Sukses

Perhitungan Masa Subur

19 Jul 2017, 10:26 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok..pertanyaan saya tentang haid normal atau tidak... Saya mengalami perputaran haid sebulan hanya dalam masa tempoh 20 hri/blnnya.. Misal haid tggal 21/6 dan akn dtg lagi 16/7 Itu normal atau tidak dok? .haid saya besih dlm 7-8hari.. Dan kapan masa subur saya dok.? Terima kasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai perhitungan masa subur melalui fitur Tanya Dokter.

Perhitungan masa subur dilihat dari siklus menstruasi Anda, teratur atau tidak. Berikut merupakan tanda-tanda terjadinya ovulasi :
-Peningkatan sekret vagina yang berubah dari sekret yang berwarna putih dan creamy menjadi bening, kenyal, dan licin. Anda dapat mengetahui kekentalan sekret dengan cara menaruhnya di antara ibu jari dan telunjuk lalu meregangkannya. Saat ovulasi, sekret tersebut tidak akan ‘putus’.
-merasa kembung dan terdapat nyeri perut ringan yang terjadi karena kram otot rahim.
-Nyeri tekan pada payudara. Payudara terasa bengkak, lebih lunak, dan lebih sensitif terhadap sentuhan.
-Suhu basal tubuh meningkat antara 0,4 – 1°C dari suhu basal manusia (36-37°C). Kenaikan suhu ini terjadi akibat pengaruh hormon progesteron. Puncak masa subur adalah 1-2 hari sebelum suhu basal tubuh mengalami kenaikan tertinggi.
-Peningkatan hasrat seks

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.

Jika siklus haid Anda teratur, ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Karena itu coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan.

Demikian informasi mengenai perhitungan masa subur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar