Sukses

Keputihan Kasar, Gatal, dan Panas

19 Jul 2017, 12:20 WIB
Pria, 24 tahun.

dok saya mau tanya seputar penyakit kelamin, sebulan ini kelamin saya mengalami gatal yang rasa nya panas apa bila di garuk saya pikir hanya keputihan biasa.. Namun, kemarin saya cebok dan saya raba ke bagian yg gatal itu seperti kasar" kemudian saya coba liat pake cermin ternyata benarr ada benjolan seperti herves di dalam kemaluan saya. Apakah itu jamur?? Karna saya sering memakai pentyliener atau mungkin secara tdk langsung saya kurang menjaga kebersihan dan apakah menular? Mohon solusi terbaik nya

Terimakasih telah bertanya tentang keputihan melalui fitur Tanya Dokter.

Rasa panas, gatal disertai keputihan yang kasar, menggumpal atau berbiji disebabkan oleh infeksi jamur vagina. Infeksi ini timbul ketika kondisi vagina berubah sehingga jamur yang normalnya di vagina tumbuh berlebih.

Keputihan ini tidak berbahaya, namun rasa gatal dan perih kerap mengganggu.

Keputihan ini harus diobati dengan obat antijamur yang biasanya dimasukkan ke dalam vagina (sediaan ovula).

Sebaiknya, Anda mendatangi dokter kulit atau dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan obat yang tepat. Dengan melihat langsung saja, keputihan bisa dibedakan mana yang disebabkan karena jamur dan mana yang oleh bakteri.

Berikut adalah tambahan gaya hidup yang baik untuk mencegah timbulnya keputihan abnormal:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang kemudian keringkan dengan arah yang sama pula.
  • Selama keputihan, hindari penggunaan pantyliner. Jika keputihan sudah sembuh, pantyliner boleh dipakai kembali asal diganti setiap 3 jam.

Baca juga:

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar keputihan, semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar