Sukses

Stent Ureter pada Hidronefrosis, Kapan dan Bagaimana

19 Jul 2017, 10:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat malam dok,saya mau tanya mengenai gangguan bak dua bulan yg lalu saya mengalami kesulitan bak hingga bbrp hari,setelah saya perikasa k spesialis urologi n d pasang kateter d rmh urune ttp tdk lncar klarny n tmpak seperti bubur gt yg menyumbat n lama2 menjadi seperti kerak n pagi hari urije warna nya jadi keruh mereh n warnanya seperti teh,setelah di periksa ternyata ada sumbatan d ureter untk batu sdh d operasi, ttp untk ginjal sbelah kanan mengalamu pembengkakan n d lakukan pemasangan dj stant bagaimana prosesny sendiri untk melapas dj stant trb,n persiapan apa saja yg d butuhkan

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Pada kasus Anda hidronefrosis atau pembengkakan ginjal terjadi akibat adanya sumbatan pada ureter yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih.

Pemasangan stent (double J ureteral stent/DJ stentdilakukan agar aliran urin dari ginjal ke kandung kemih tetap lancar, dan pembengkakan ginjal berkurang. Dengan demikian, sumbatan akan berkurang.

Tidak ada batasan khusus berapa lama stent tersebut harus dipasang. Selama masih dibutuhkan, stent akan tetap terpasang, hingga sumbatan benar-benar hilang. 

Pada sebagian besar kasus, stent hanya dibutuhkan untuk sementara waktu, beberapa minggu atau beberapa bulan. Stent dapat dipasang hingga 3 bulan sebelum akhirnya perlu diganti. Bila penyebab sumbatan bukan batu ginjal, stent akan terpasang lebih lama lagi. Ada pula stent khusus, yang memang dimaksudkan untuk jangka panjang.

 

Oleh karena itu, ketika Anda kontrol dengan dokter yang merawat, tanyakan persisnya apa yang terjadi pada ureter Anda, dan berapa lama stent tersebut perlu terpasang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar