Sukses

Mengatasi Kolesterol Tinggi

19 Jul 2017, 11:13 WIB
Wanita, 51 tahun.

assalamualaikum. selamat pagi dok. dok pertanyaan ini saya utarakan untuk mamah saya yg mengidap kolesterol. dok mamah saya kolesterosnya cukup tinggi yaitu 273. masih tetap beraktivitas namun sering pusing. beliau rutin mengkonsumsi air hangat dan lemon setiap hari. menurut dokter makanan apa yg dapat menurunkan kolesterol mamah saya dengan cepat ? dan makanan apa saja yg tidak boleh dimakan oleh mamah saya agar kolesterolnya tidak naik ?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar menurunkan kolesterol melalui fitur Tanya Dokter

Cara terbaik untuk mengurangi kolesterol adalah melalui olahraga dan perubahan pola makan. Olahraga yang disarankan adalah olahraga jenis aerobik intensitas sedang. Perubahan pola makan meliputi penggantian menu-menu makanan yang biasa anda makan. 

Olahraga

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang benar-benar memanfaatkan jantung dan paru paru, contohnya adalah senam, jogging, zumba,bersepeda, body combat, angkat beban,dl. Durasi yang disarankan adalah minimal 30 menit sekali olahraga,atau minimal 2 jam dalam semingu. Atau untuk memudahkan, jangan biarkan diri anda 2 hari berturut turut tanpa olahraga. Olahraga tidak hanya dapat mengurangi kolesterol, melainkan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membakar lemak.

Perubahan pola makan

Ubahlah makanan yang biasa anda konsumsi. Hindari snack-snack yang mengandung gula seperti cemilan biskuit, roti-rotian, kue dll. Gantilah snack anda dengan buah-buahan. Batasi konsumsi makanan gorengan anda, untuk memudahkannya contoh, anda boleh makanan yang digoreng hanya pada hari tertentu seperti sabtu atau minggu saja. Hindari menggunakan minyak sayur untuk memasak, gantilah dengan minyak zaitun (olive oil). Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi omega 3 seperti salmon, ikan kod, alpukat, kacang almond dll. Makanan tersebut dapat membantu mengurangi kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar menurunkan kolesterol, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar