Sukses

Testpack Positif Meski Ejakulasi di Luar Vagina

19 Jul 2017, 10:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau tanya saya baru melahirkan dan anak saya umur nya 4 bulan terus saya pakai kb yg 3 bulan sekali dan saya terlambat suntik kb nya 3 minggu , hasil di tespek periksa positif tapii saya berhubungan sperma nya gak keluar di dalam dok dan saya tidak merasakan apa apa . mohon penjelasannya dok , trims dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Jika melihat riwayatnya, Anda baru saja 1 kali suntik KB yang 3 bulan. Suntik KB 3 bulan melalui 1 kali suntikan belum memberikan efek proteksi yang maksimal terlebih bila suntikan kedua terlambat. Meski sudah teratur, risiko gagal KB tetap ada. Setiap metode KB memiliki risiko kegagalan meski kecil. Untuk KB suntik risikonya <3% dengan perfect use (dalam arti kurang dari 3 per 100 wanita hamil).

Mengeluarkan sperma di luar vagina secara teori tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur. Terlebih bila hubungan intim dilakukan di masa subur.

Selain itu, perlu diketahui bahwa  pada awal hubungan intim umumnya pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat. Tentunya ini akan meningkatkan peluang hamil ketika terjadi penetrasi. Selengkapnya dapat Anda baca di: Makna Cairan Pra Ejakulasi

Bila Anda masih ragu akan kehamilan ini, Anda dapat melakukan testpack yang kedua kali. Bila tetap positif atau hasilnya masih meragukan, periksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan USG kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar