Sukses

Haid Berlebihan Karena Suntik KB

19 Jul 2017, 09:47 WIB
Wanita, 24 tahun.

Stu blan ini sya suntik kb 1 bulan krna sya pasca mlahirkan sesar lalu sya haid sdh 12 hari malah makin deras. Apakh itu normal? Krna biasax sya haid 7 hr sja.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya mengenai haid dan KB suntik menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Jika keluhan tak kunjung berhenti dan mulai mengganggu aktifitas sehari-hari, kami sarankan Anda untuk menemui dokter kandungan.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai haid dan KB suntik, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar