Sukses

Haid Tidak Teratur, Keputihan, dan KB Spiral

19 Jul 2017, 04:59 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya pakai KB IUD yang 8thn, semenjak berKB saya jd sering mengalami banyak gangguan missV. Mulai dari bau tidak sedap hingga keputihan. Sekarang sudah 4thn saya berKB IUD mens kadang tidak rutin kalaupun keluar hanya kotoran berwarna coklat kehitaman. Jujur saya takut mau periksa, mohon penjelasannya apakah normal yang saya alami atau saya harus segera melepas KB? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang efek KB spiral melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Metode kontrasepsi IUD atau spiral memiliki efek samping berupa peningkatan jumlah darah saat haid, timbulnya nyeri haid, hingga perdarahan di luar siklus haid. Efek samping ini tidak dialami oleh semua individu yang menggunakan IUD, berat ringannya pun bervariasi.

Berikut adalah beberapa risiko akibat pemasangan IUD:

  • Gangguan menstruasi. Dimana periode haid dapat lebih lama dengan jumlah darah yang lebih banyak, timbul perdarahan antar menstruasi, atau nyeri saat haid.

  • Perforasi. Pada 1 dari 1000 wanita, IUD dapat tersangkut di dalam dinding rahim atau menembus dinding rahim. 

  • Ekspulsi. Pada 2 hingga 10 dari 100 IUD terdorong keluar dari rahim dan tersangkut di vagina pada 1 tahun pertama. Hal ini dapat terjadi pada beberapa bulan awal pemasangan, dan risiko ini terjadi bila IUD dimasukkan setelah proses persalinan atau pada wanita yang belum melahirkan.

Untuk itu, perlu diketahui kapan Anda harus menghubungi Dokter, yaitu bila timbul gejala berikut:

  • Bila Anda mengalami nyeri pada perut atau panggul

  • Bila Anda mengalami perdarahan abnormal dari vagina

  • Bila Anda melihat adanya darah pada celana atau pembalut setelah 2 jam atau lebih

  • Bila Anda mengalami tanda-tanda kehamilan

Pada kasus Anda, gangguan haid bisa disebabkan oleh efek samping IUD, bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal yang memiliki banyak penyebab. Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Darah Haid Sedikit, Normalkah?.

Penggunaan IUD jarang menimbulkan keputihan. Bila ada keputihan, kemungkinan besar karena perubahan hormonal atau infeksi. Selengkapnya: Vagina Gatal dan Keputihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar