Sukses

Agar Anak Mau Minum Susu Lagi

19 Jul 2017, 04:34 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok.. Dok sama mau nanya? Anak saya perempuan usia.ya 13bulan nah 4hari yang lalu dia kena sariawan sehingga mogok makan dan minum susu.. Kalau enggak d.paksa dia gak bakal mau minum ataupun makan.. Sejak puasa kemarin dia udh nolak minum asi mungkn karna saya ikut puasa jadi rasanya tidak enak lagi jadi cuma sufor yang saya berikan.. Alkhamdulillah sekarang udh sembuh dan mau makan lagi cuma udah gax mau minum susu lagi dok, kalau botol susunya saya isi dengan teh dia mau minum tapi kalau d.ganti susu dia nangis,akhirnya saya ganti susunya tati tetap saja gax mau minum sampai saya bingung harus gimana dok? Gimana cara mengatasinya agar anak saya mau minum susu lagi dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sesungguhnya, selama anak Anda makannya baik, Anda tak perlu khawatir dengan perilakunya yang tidak mau minum susu. Setelah berusia 1 tahun, susu hanyalah menjadi makanan tambahan bagi anak karena makanan utama anak sudah berupa makanan padat atau sama dengan orang dewasa. Susu umumnya dikonsumsi 2-4 botol/hari @120-240 cc. Apabila anak tidak mengonsumsi susu namun kebutuhan gizinya terpenuhi dari makanan padat, maka tidak ada masalah.

Mungkin saat ini kondisi rongga mulutnya belum nyaman betul untuk minum susu setelah mengalami sariawan, atau ia bosan dengan rasa susu formula. Cobalah untuk mengganti susu formula dengan susu UHT atau susu soya. Mungkin anak Anda mau.

Berikut adalah beberapa tip agar si kecil kembali mau makan atau minum susu:

  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Ada anak yang baru mau makan jika televisi menyala dan menampilkan acara kartun favoritnya. Cara ini dapat diicoba.

  • Tambahkan susu secukupnya Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.

  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  • Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar