Sukses

Kulit Memerah Setelah Menggunakan Produk Wajah

19 Jul 2017, 00:12 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya telah mencuci wajah saya dengan facial wah khusus untuk jerawat tetapi setelah mencuci muka kulit saya menjadi merah dan agak perih, apakah cara saya yg salah dalam mencuci muka atau tidak cocok dengan produk tersebut?

Terima kasih telah bertanya seputar kulit sensitif melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Munculnya kemerahan dan perih setelah menggunakan produk wajah merupakan salah satu tanda sensitivitas kulit terhadap produk tersebut. Sebaiknya Anda menghentikan dulu penggunaan facial wash tersebut. 

Apakah kulit anda adalah jenis kulit sensitif? Bila benar kulit sensitif, maka ada beberapa tips untuk mengatasi kulit sensitif, yaitu:

Masalah #1: Wajah Kemerahan

Apakah wajah Anda mudah memerah, pembuluh darah di wajah Anda terlihat, atau kulit Anda berjerawat di area T? Jika ya, bisa jadi kulit Anda tergolong kulit yang sensitif. Kulit wajah yang sensitif mudah sekali untuk memerah karena adanya pelebaran pembuluh darah di wajah.

Solusinya

Jika Anda memiliki kulit wajah dengan kondisi seperti di atas, pilihlah produk perawatan yang mengandung licorice, aloe vera atau algae. Anda juga harus menghindari untuk melakukan perawatan peeling atau mikrodermabrasi, serta menghindari produk yang mengandung asam glikolat. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt, yang dapat mencegah kulit kemerahan atau gatal.

Masalah #2: Mudah alergi

Masalah ini juga kerap kali dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, kulit sensitif kerap kali membuat kulit wajah menjadi mudah iritasi atau gatal dan mengalami reaksi alergi ketika mencoba produk perawatan tertentu. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh adanya gangguan dari fungsi pelindung kulit, sehingga Anda mudah untuk mengalami reaksi alergi.

Solusinya

Jika mengalami reaksi alergi, Anda dapat mengaplikasikan krim yang mengandung kortikosteroid pada area yang mengalami iritasi. Anda juga bisa mengaplikasikan kompres buatan sendiri di rumah menggunakan handuk yang dicelup ke dalam susu, yang ditempelkan pada area yang iritasi. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan catatan tidak terdapat luka terbuka pada wajah Anda.

Masalah #3: Kulit kering

Apakah kulit wajah Anda sering terasa kering dan tertarik setiap kali habis mencuci wajah? Jika ya, bisa jadi Anda mempunyai kulit yang kering. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor iklim, diet Anda, hingga faktor produk perawatan yang Anda gunakan. Ketika kulit menjadi sangat kering, sering kali sel-sel kulit mati akan mengelupas dan menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit.

Solusinya

Hindari untuk menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena produk tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan sabun wajah yang mengandung butiran scrub, karena akan mengiritasi kulit Anda.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, setelah mencuci wajah, sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada wajah. Anda dapat mengaplikasikan pelembap tersebut secara berulang, sebanyak 2-3 kali sehari.

Masalah #4: Mudah berjerawat

Jerawat terjadi karena berbagai faktor, mulai dari stres, kurang tidur, kelenjar minyak yang aktif, hingga paparan produk tertentu. Namun pada kulit yang sensitif, penyebab utama terjadinya jerawat adalah karena kulit yang sensitif pada dasarnya rentan untuk mengalami peradangan.

Solusinya

Coba perhatikan pada situasi apakah Anda mengalami jerawat. Apakah setiap mengaplikasikan produk tertentu, ataukah pada saat lainnya. Jika jerawat timbul akibat mengaplikasikan produk tertentu, hentikan penggunaan produk tersebut dan beralih ke produk yang yang mengandung sulfur, asam salisilat atau tea tree oil untuk mengurangi kadar minyak berlebih di kulit. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kulit sensitif. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar