Sukses

Sariawan Sebelum Menstruasi

18 Jul 2017, 23:49 WIB
Pria, 28 tahun.

Ass n mlm.dok sya mau tanya...knpa kl sd mau dkat dtg bln sy sering sariawan.mksih dok.

Terima kasih telah bertanya seputar sariawan sebelum menstruasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sariawan merupakan suatu kelainan yang sering kita jumpai sehari-hari.Terdapat hubungan antara menstruasi dengan timbulnya sariawan. Pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal sehingga lebih rentan terhadap iritasi. Gangguan hormonal inilah yang diduga kuat sebagai faktor yang menjadi pemicu atau pencetus sariawan.

Faktor lain yang juga turut berperan dalam penyebab sariawan adalah;

  • Trauma pada jaringan lunak mulut (selain gigi), misal tergigit, atau ada gigi yang posisinya di luar lengkung rahang yang normal sehingga menyebabkan jaringan lunak selalu tergesek/tergigit pada saat makan/mengunyah
  • Kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12, asam folat dan zat besi.
  • Stress
  • Gangguan autoimun / kekebalan tubuh, pada beberapa kasus penderita memiliki respon imun yang abnormal terhadap jaringan mukosanya sendiri.
  • Penggunaan gigi tiruan yang tidak pas atau ada bagian dari gigi tiruan yang mengiritasi jaringan lunak
  • Pada beberapa orang, sariawan dapat disebabkan karena hipersensitivitas terhadap rangsangan antigenik tertentu terutama makanan.

Sariawan sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting. Obat-obatan dapat diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi. Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal). Hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol pada saat sariawan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sariawan sebelum menstruasi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar