Sukses

Bayi Menelan Air Ketuban

18 Jul 2017, 22:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya baru melakukan proses persalinan sesar dua minggu yang lalu, dari RS kondisi anak saya masuk nicu , Dan dibawa paksa pulang ke rumah , kondisi anak saya tertelan air ketuban Dan 3 Hari di RS minum menggunakan selang , skrng nafas anak saya seperti Ada dahak , suara grok-grok bunyi apabila dia sedang menangis , apakah Ada Saran alternatif agar bayi saya sembuh dengan sendirinya?

Terima kasih telah bertanya seputar bayi menelan air ketuban melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi yang menelan air ketuban pada saat proses melahirkan memiliki resiko tinggu terinfeksi paru-parunya, dan juga resiko gagal nafas karena infeksi tersebut.

Apakah air ketuban Anda berwarna hijau? Bila bayi Anda menelan air ketuban yang hijau maka dapat muncul Sindrom Aspirasi Mekonium. Mekonium adalah kotoran bayi pertama yang dikeluarkan dan dapat bercampur dengan air ketuban dan menimbulkan warna hijau pada air ketuban. Bila mekonium tersebut tertelan dapat menimbulkan sumbatan jalan nafas mendadak, paru-paru yang membesar, meningkatkan tahanan pada jalur nafas, dan pengkerutan paru-paru karena terjadi sumbatan terus-menerus. 

Walaupun air ketuban yang tertelan tidak berwarna hijau, kerusakan yang sama dapat terjadi, mungkin dengan derajat yang lebih ringan.

Apakah bayi Anda mengalami demam dan sesak napas? Apakah bayi sudah difoto rontgen untuk mengetahui keadaan paru-parunya? Bila terjadi demam bisa terjadi infeksi sistemik.

Dengan riwayat bayi tertelan air ketuban, kami anjurkan agar Anda segera membawa bayi Anda untuk kembali kontrol kepada dokter spesialis anak yang menangani bayi Anda. Tidak ada saran alternatif yang dapat kami berikan karena resiko tinggi yang dapat membahayakan kondisi anak Anda bila tidak segera ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bayi menelan air ketuban. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar