Sukses

Membersihkan Makanan Menempel Pada Lubang Bekas Pencabutan Gigi

18 Jul 2017, 21:59 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, kan saya habis cabut gigi geraham dok, nah itu kalo misalnya saya makan trus ada sisa makanan yang nempel di lubang itu cara bersihinnya gimana dok ? Saya kumur2 juga kan ga bisa, trus memang kalo cabut gigi geraham ini harus dijait juga ya dok? Kok saya pas setelah selsai dicabut saya ga dijait sama skali itu gpp?

Terimakasih telah bertanya seputar membersihkan makanan menempel pada lubang bekas pencabutan gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Biasanya pada pencabutan gigi geraham dilakukan dengan prosedur pencabutan gigi biasa sehingga tidak memerlukan penjahitan. Biasanya dokter gigi cukup memberikan semacam spons yang berfungsi untuk menyerap darah di dalam luka bekas pencabutan (socket) untuk membentuk bekuan darah.

Yang harus anda lakukan adalah mengikuti instruksi yang diberikan pasca pencabutan gigi, yaitu :

- Tidak Merokok. Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1x24 jam setelah pencabutan.
- Terlalu banyak meludah. Pasien terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya ditelan saja. Agar bekuan darah yang sudah terbentuk tidak ikut terbuang.
- Minum dengan sedotan.
- Tidak berkumur terlalu keras. Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras.
- Tidak memain-mainkan atau menyenggol luka bekas pencabutan dengan lidah.
- Hindari minuman dan makanan panas.

- Bila ada makanan yang menempel di lubang bekas pencabutan bisa dibersihkan dengan sikat gigi secara pelan-pelan dan hati-hati. atau berkumur ringan saja setelah 24 jam, usahakan menghindari makanan yang bersifat padat untuk sementara waktu, dan gunakan sisi gigi satunya untuk mengunyah makanan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai membersihkan makanan menempel pada lubang bekas pencabutan gigi, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar