Sukses

Penurunan Berat Badan dan Kaki Kesemutan = Gejala Diabetes?

18 Jul 2017, 21:02 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat sore dok, Saya mau bertanya mengenai gejala penyakit diabetes. Jadi begini, ibu saya mengalami penurunan berat badan. Tidak drastis tpi terus menurun. Selain itu 1 bulan belakangan mengeluh kalau telapak kakinya rasanya kesemutan dan mati rasa. Itu dirasakan sampai hari ini. Apakah gelaja tsb adaah gejala diabetes? Mohon penjelasannya. Terima kasih, Salam

Terima kasih telah bertanya seputar gejala diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gejala diabetes yang paling terkenal (disebut gejala klasik) adalah 3P yaitu polidipsi (minum banyak karena sering haus), polifagi (makan banyak melebihi biasa), dan poliuri (berkemih banyak > 5x ketika istirahat atau tidur) hingga penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Keluhan lainnya bervariasi, mulai dari lemah badan, kesemutan, gatal, mata kabur, disfungsi ereksi pada pria, serta gatal pada vagina wanita.

Bila ditemukan gejala klasik ataupun disertai dengan keluhan lainnya seperti yang ditemukan pada ibu Anda, maka sebaiknya segera periksakan gula darah ibu Anda ke dokter terdekat. Jika ditemukan gejala klasik tersebut ditambah hasil pemeriksaan gula darah sewaktu lebih besar sama dengan 200 mg/dL maka sudah cukup dikatakan diabetes mellitus.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gejala diabetes. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar