Sukses

Berat Badan Bayi Tidak Bertambah

18 Jul 2017, 19:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat sore dok . Saya punya anak baru 3bln bb wkt lahir 3,9 sekarang malah cuma 4,4kg . Dia gk mau asi saya dokk saya kalau di kasih asi nangis2 saya berikan susu formula sgm tapi kenapa badannya semakin hari smakin kurus ya dok? Trimksh

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai berat badan bayi tidak bertambah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Menurut pendapat Kami, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Sedangkan untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. Sekarang ini berat badan bayi Anda 5,8 kg, di usia 6 bulan diharapkan berat badannya 2x berat badan lahir,yaitu sekitar 6,6 kg.

Jika terdapat kesulitan saat menyusu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan konselor laktasi. Untuk mengetahui penanganan yang optimal terkait kasus anak Anda, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung apakah terdapat gangguan yang menyebabkan berat badan anak Anda sulit untuk naik. Kami sarankan Anda untuk membawa anak Anda secara langsung ke dokter spesialis anak agar diberikan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berat badan bayi tidak bertambah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar