Sukses

Keluar Lendir dari Vagina

18 Jul 2017, 18:22 WIB
Pria, 29 tahun.

selamat siang dok. saya mau tanya .pagi tadi setelah berhubungan intim istri pengen kencing dan disaat itu sebelum kencing dari vagina keluar cairan putih keju yang menggumpal berdiameter tinggi : 5cm dan lebar : 2 cmsebanyak 2 kali keluar. tapi kemaren istri baru selesai haid nya. dan tadi pagi kita berhubungannya. tolong dok itu tanda tanda baik atau buruk ya dok? terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Keluar Lendir dari Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Keputihan memang normal dialami dalam siklus menstruasi. Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau. Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari ndung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual.

Keputihan yang tidak normal ditandai perubahan karakteristik cairan keputihan yang keluar, baik dari segi jumlah, warna (kuning kehijauan, putih bergumpal-gumpal), bau (busuk, amis), maupun terdapat tanda-tanda lain yang menyertai (gatal, panas). Jika keputihan masih berwarna bening, jumlahnya tidak banyak dan tidak gatal maupun berbau kemungkinannya adalah keputihan yang normal. Jika sudah ada perubahan warna atau jumlahnya sangat banyak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dilihat dan diperiksa secara langsung. Jika memang terdapat infeksi bakteri, dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Keluar Lendir dari Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar