Sukses

Cairan Mani di Celana Pagi Hari

18 Jul 2017, 18:10 WIB
Pria, 27 tahun.

mau tanya dok... setiap sebelum tdr kadang saya suka melihat film atau gambar yg 18+ tapi saya jarang buat mengakhiri dengan mastrubasi. tapi dipagi hari setelah saya mandi, pasti ada bercak mani yg tertinggal di celana dalam. apakah ini hal yg normal? beberapa hari belakangan ini saya juga merasa sering ada bercak air mani yg berbekas ketika saya selesai mandi dan berpakaian lengkap buat ke kantor. bercak ini ketauan setelah saya dr toilet kantor dan melihat ke Celana dalam saya... kira2 ini normal atau tidak dok? kalo memang ada indikasi penyakit tertentu, kira2 penyakit apa ya dok? mohon penjelasan dr yg lebih mengerti... terima kasih dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah pernah berwarna kuning ? Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual atau berganti-ganti pasangan? Adakah keluhan lain seperti nyeri saat berkemih / nyeri perut bawah / anyang-anyangan?

Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya. Dalam penyakit gonorhea ada yang disebut dengan morning drip,yaitu nanah yang menetes dari saluran kemih pada pagi hari. Jika keluhan Anda tidak berwarna putih dan tidak disertai oleh gejala penyerta seperti nyeri saat berkemih, nyeri perut bawah dan anyang-anyangan kemungkinan bukan gejala morning drip.
Akan tetapi kami tidak dapat memastikan diagnosa tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk memastikan diagnosa pasti terhadap keluhan yang Anda rasakan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar