Sukses

Blighted Ovum

18 Jul 2017, 18:02 WIB
Pria, 28 tahun.

dok,8 bln yg lalu sy prnh dikuret krn bligh ovum,dan dokter menganjurkan tes lab,.hsil lab sya menunjukan + toxo,.sya sdh berobat 3 bln utk pengobatan toxo dan dibln ke 4,5,6 sya program kehamilan,.nmun skrng sya berhenti utk kontrol program hmil krn mslh finansial,. yg mau sya tnyakan mknan apa yg hrs sya mkn dan sya hindari agar kejadian hmil blight ovum tdk terulang dok,.trm ksh

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Blighted Ovum melalui fitur Tanya Dokter.

Tidak ada pantangan makan untuk blighted ovum. Toxoplasma gondii merupakan parasit yang dapat menginfeksi sebagian besar mamalia termasuk manusia. Parasit ini ditularkan melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah atau melalui kontak dengan kotoran hewan (kucing, anjing, kambing, domba, babi, dan lain-lain) yang terinfeksi.

Jika saat ini anda sedang dalam pengobatan toksoplasma, maka rutinlah mengkonsumsi obat dan melakukan kontrol kepada dokter Anda sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dokter Anda hinga tuntas. Diakhir pengobataan, uumumnya akan kembali dilakukan pemeriksaan terhadap toksoplasma pada darah anda.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan anda tidak lagi terkena infeksi akut toksoplasma dan telah memiliki kekebalan terhadap infeksi tersebut, maka anda dapat menjalani program hamil, tentunya dibawah pengawasan dokter spesialis kandungan.

Untuk mencegah terjadinya infeksi berulang, selain mencegah kontak dengan faktor resiko (makan daging yang tidak matang, menyentuh kotoran kucing), maka anda perlu juga menjaga kekebalan tubuh.

Yang perlu anda lakukan untuk menjaga sistem imun adalah;

Menjalani diet seimbang, yaitu mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upaya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak juga bermanfaat dalam meningkatkan daya gahan tubuh. Diet rendah lemak dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alamiah dalam tubuh, sebaliknya diet tinggi lemak akan mengurangi aktivitasnya.
Cukup tidur dan istirahat. Kurang tidur/istirahat diketahui menurunkan aktivitas sel pembunuh alami tubuh, sehingga membuat individu lebih mudah terserang infeksi bakteri dan virus.
Belajar mengendalikan stress.
Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu memperbaiki fungsi imun dan suasana hati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Blighted Ovum. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar