Sukses

Takikardia

18 Jul 2017, 17:02 WIB
Pria, 25 tahun.

Dear Dokter, Saya Desti 25 tahun (TB 158cm, BB 47kg), kemarin saya tes MCU untuk seleksi salah satu Perusahaan BUMN. Saya mempunyai beberapa pertanyaan mengenai gugup saat tes. 1. Ketika EKG saya gugup sehingga jantung berdetak cukup cepat, apakah hasilnya akan sinus takikardia? 2. Apakah ada perbedaan antara hasil grafik takikardia karena "gugup", dan takikardia karena "penyakit kelainan jantung"? 3. Ketika tensi & nadi saya juga gugup, tensi saya normal 120/80, namun nadi saya 131/menit. Dokternya bertanya pada saya "kamu gugup ya?", saya jawab "iya dok", terus saya tanya "bagaimana dok, ini tinggi sekali tensinya", kemudian dokter bilang "itu karena kamu gugup, tapi tidak apa-apa, tensinya kan normal". Apakah bermasalah dok? 4. Apakah ada kemungkinan saya bisa lolos tes MCU? Tolong sekali ya dok dijawab pertanyaannya. Terima kasih banyak Dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Takikardia melalui fitur Tanya Dokter.

Takikardia artinya bahwa detak jantung teratur, namun lebih cepat daripada detak jantung normal. Hal ini perlu ditelusuri, apakah pada saat pemeriksaan Anda sedang tegang, atau baru beraktivitas, dll yang dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Hasil pemeriksaan EKG Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah berbahaya atau tidak dan apakah disebabkan oleh gugup semata. Seringkali, sinus takikardia saja tidak berbahaya.

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung. Mungkin pertanyaan Anda terkait dengan medical check up yang terkait dengan kepentingan seleksi untuk bekerja sama atau masuk instansi tertentu, maka dalam hal ini Kami tidak dapat memberikan informasi atau menentukan apakah pada kondisi kesehatan yang Anda miliki bisa lolos atau tidak, karena masing-masing instansi, perusahaan atau sarana pendidikan mempunyai standarnya sendiri. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Takikardia. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar