Sukses

Infeksi TORCH Pada Kehamilan

18 Jul 2017, 16:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, saya mau tanya. Beberapa waktu lalu saya test TORCH. Dan hasilnya, untuk Rubella dan CMV IgG nya positif, namun IgM nya negatif. Apakah benar itu mengindikasikan dulu pernah terinfeksi dan saat ini sudah tidak terinfeksi? Sementara saat ini saya sudah hamil sekita 5-6 minggu. Apakah hal tersebut berpotensi bahaya bagi janin saya? Mohon bantuannya ya dok. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar infeksi TORCH pada kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang diagnosis TORCH.

TORCH merupakan suatu kumpulan infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular kepada pasangan. Namun, ketika daya tahan tubuh anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menilmbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela), timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll. Saat sedang kambuh dan menimbulkan gejala-gejala tersebut, virus rubela, CMV dan herpes dapat ditularkan kepada pasangan melalui hubungan seksual, air liur, lewat udara, kontak fisik, dll. Sementara infeksi toksoplasma tidak akan ditularkan kepada pasangan anda.

Sayangnya anda tidak menampilkan data mengenai cut-off atau nilai referensi dari laboratorium Anda untuk menunjukkan apakah IgG atau IgM anda termasuk ke dalam nilai tinggi atau tidak. Jika nilai IgG + biasanya menunjukkan infeksi lampau sedangkan jika IgM anda + menunjukkan infeksi saat ini.

Bila IgG Anda yang positif, maka tidak mempengaruhi kondisi kesehatan bayi ibu karena hasil tersebut menandakan infeksi lampau. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kehamilan pada penderita TORCH:

  • Lebih ketatlah dalam memantau kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang teratur dapat terus memantau kondisi Ibu dan Janin sehingga segala macam kelainan dapat dideteksi secara dini
  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang
  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan
  • Istirahat teratur
  • Berhenti merokok, hindari asap rokok dan minum alkohol
  • Hindari konsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi Dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai infeksi TORCH pada kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar