Sukses

Anak Gizi Buruk

18 Jul 2017, 15:46 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok anak saya yang kedua itu badannya itu kecil dok padahal anak saya itu makanya itu bagus dan minum susu juga bagus. Usia nya udah 7 tahun tapi berat badanya cuman 14 kg.. Tingginya juga kurang. Itu gimana ya dok tolong saran dokter bagaimana ?

Terimakasih telah bertanya tentang anak gizi buruk melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi anak Anda.

Anak usia 7 tahun, berat badannya biasanya sudah mencapai 21-26 kg. Tinggi badannya mencapai 118-126 cm. Sepertinya gizi anak Anda tergolong kurang cenderung buruk untuk anak seusianya. 

Penyebab anak gizi buruk antara lain anemia (kurang darah), gangguan tiroid, atau adanya infeksi kronis. Ini hanya sebagian kecil dari banyaknya penyebab lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh baik terhadap status gizi dan tumbuh kembang anak Anda oleh dokter spesialis anak.

Anak yang mengalami gizi kurang dan buruk rentan mengalami berbagai penyakit terutama infeksi saluran nafas dan pencernaan (diare). Kondisi infeksi akan membuat gizinya semakin buruk karena anak cenderung tidak mau makan dan tidurnya terganggu. Untuk mencegah kondisi ini, gizi buruknya harus ditangani. 

Penanganan anak gizi buruk harus oleh tenaga terlatih, seperti dokter anak atau dokter umum terlatih yang mengerti tahapan pemberian gizi pada anak gizi buruk. Terdapat formula makanan yang khusus bagi anak gizi buruk.

Kami sarankan agar Anda membawa si kecil kepada dokter anak yang terlatih menangani anak gizi buruk (konsultan nutrisi anak).

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda seputar gizi pada anak:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar anak gizi buruk. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar